SEMINAR: "Teknologi Komunikasi Murah Berbasis Internet"


Liputan Khusus oleh:

Fitrin A. Choirunnisa

(mahasiswa STMIK ROSMA & Staf Redaksi Karawang-Kita)





Tidak dipungkiri bahwa perkembangan teknologi informasi dapat meningkatkan kinerja dan memungkinkan berbagai kegiatan dapat dilaksanakan dengan cepat, tepat dan akurat sehingga dapat pula meningkatkan produktivitas.

Perkembangan dalam Teknologi Informasi merupakan sebuah realita yang memperlihatkan munculnya berbagai jenis kegiatan yang berbasis pada teknologi ini, seperti e-government, e-education, e-medicine, e-laboratory dan masih banyak lagi bidang lainnya yang semuanya itu berbasiskan elektronika.

Teknologi Informasi dapat berarti suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk didalamnya memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas (relevan, akurat dan tepat waktu).

Dilandaskan rasa kepeduliannya terhadap pengembangunan Teknologi Informasi, STMIK Rosma yang merupakan salah satu sekolah tinggi swasta yang bergerak dalam dunia pendidikan spesialis informatika, turut serta mensukseskan perkembangan Teknologi Informasi. Dedikasi dan kepedulian tinggi terhadap masyarakat yang “gagap” akan teknologi membuat STMIK Rosma tertantang untuk mengembangkan teknologi informasi sebagai salah satu hal terpenting yang WAJIB diketahui dan dimengerti oleh seluruh masyarakat karawang, khusunya mahasiswa/i sebagai penerus perkembangan bangsa agar “MELEK” akan pentingnya teknologi informasi.

Maka dari itu, STMIK Rosma pada tgl 24 Januari 2008 telah menyelenggarakan salah satu SEMINAR yang mengangkat tema Teknologi Komunikasi Murah Berbasis Internet. Seminar sehari yang diadakan di Alam Sari, salah satu restoran di Karawang dan dimulai dari pukul 09.00 s/d 15.00 ini juga menghadirkan salah satu Pakar Teknologi Informasi, Bapak Onno Widodo Purbo atau lebih dikenal dengan Onno W. Purbo.

Nama Onno. W. Purbo telah lama “berkibar” di percaturan teknologi informasi. Beliau merupakan pendidik, pembicara seminar, mantan dosen ITB, dan pakar Internet. Lulusan Teknik Elektro ITB ini mengaku mempelajari teknologi informasi secara otodidak.
Saat ini, beliau telah menciptakan suatu teknologi informasi yang dapat dikatakan mudah untuk dipelajari serta diimplementasikan oleh masyarakat dalam mendapatkan layanan internet yang tentunya akan didapat secara cuma-cuma alias gratis.

Sistem RT/RW Net

Inovasi terbaru ciptaan Pak Onno W. Purbo adalah RT/RW Net. Dimana RT/RW net itu merupakan sebuah metode yang memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mengakses internet LEBIH MURAH dibandingkan kita harus mendaftar ke salah satu provider internet yang ada, kemudian memakainya masing-masing, dan bayar masing-masing pula, padahal kepentingan kita (tetangga, ibu rt, ibu rw, ibu kios, anak tetangga) sama, yaitu mendapatkan informasi yang akurat dan bisa didapati dari fasilitas yang ada di INTERNET.

Akhirya Pak Onno W. Purbo angkat bicara dan menjelaskan RT RW Net yang lagi ngetrend dan dan konfigurasi dari ADSL RT RW Net yang digunakan. Disini beliau menjelaskan konfigurasi RT RW Net menggunakan Router dan konfigurasi Router ADSL Speedy. Keduanya di sambungkan ke sentral yang nantinya akan bisa di share ke RT RW Net.
Bayangkan, hanya dengan bermodal satu wajan, paralon berdiameter 20cm, lakban aluminium, Router 3G, Modem, USB wireless, kita dapat menciptakan sebuah akses internet gratis untuk kurang lebih satu RT atau bahkan tidak menutup kemungkinan satu RW !! Langkah demi langkah, pak onno mempraktekkan bagaimana membuat antenna wajanbolic itu dibantu oleh salah satu peserta seminar yang hadir.

Kemudian di lakukan demo menggunakan fasilitas VOIP dari konfigurasi tadi. Demo VoIP atau suara yang dikirim melalui protocol internet.
Pada intinya RT/RW Net ini adalah sinyal keluar, dan dari sinyal itulah dapat diciptakan jaringan-jaringan internet yang baru.

Dalam akhir seminar ini, penulis dan mahasiswa lainnya berkesempatan untuk foto bersama beliau. Tidak sangka pula, beliau sangat ramah, selalu ceria, dan tidak kaku. Selalu deselingi canda ketika kami berbincang dengan beliau. Ditambah lagi, logat Pak Onno yang “nyunda pisan” alias sunda banget, menambah keakraban para mahasiswa dengan Pak Onno.

RT/RW Net diharapkan menjadi salah satu cara yang mudah untuk memudahkan masyarakat dalam pengetahuan mengetahui dan “melek” akan pentingnya internet sebagai perkembangan teknologi informasi

Seminar yang diadakan secara indoor ini memiliki banyak manfaat tentunya ilmu dalam bidang teknologi. Banyak sekali ilmu yang didapatkan dalam seminar sehari yang diadakan STMIK Rosma ini. Semoga seminar-seminar berikutnya dapat memberi inspirasi mahasiswa-mahasiswa dalam mengimplementasikan kemampuan dan kreativitas di bidang teknologi.

Semangat !!

--------------------------------

Liputan & Foto-foto : Fitrin

 
Template by : uniQue template  |  Modified by : Rudi "SEMUT"