Yang Segar disaat Panas Terik

Karawang, sebagai salahsatu kota yang secara geografis terletak di dataran rendah dan berada di pesisir utara Pulau Jawa membuat iklimnya senantiasa didominasi hawa panas. Akhir-akhir ini siang hari jika tidak terjadi hujan antara pukul 10.00 – 14.00 WIB merupakan puncak tertinggi suhu udara di Karawang, berkisar 30 – 33 derajat celcius. Cukup Panas bagi kebanyakan orang.

Ditengah cuaca terik, tentunya kita merindukan sesuatu yang menyegarkan. Penulis mengalami hal itu ketika menyusuri perkotaan Karawang, hari itu cuaca sangat panas. Walaupun saat itu berkendaraan yang terpasang AC, tetap saja terasa tidak nyaman, karena melihat keluar sangatlah terik. Saat melewati seputaran Jl Ir H Juanda, persis di sudut pertigaan yang berada di antara Jl Moh Saleh dan Jl KH Dewantoro penulis menemukan sebuah warung yang menjual Es Kelapa Muda. Seorang teman penulis merekomendasikan untuk mencoba es kelapa disitu, yang konon airnya berasal langsung dari kelapa tanpa dicampur air ”biasa”.

Alhasil penulis menyambangi tempat itu, dan ternyata benar. Penulis dilayani oleh seorang ibu yang dengan perkasa membelah sebuah kelapa muda untuk dihidangkan. Seluruh isi kelapa (”daging” dan airnya) pun berpindah ke dalam gelas ditambah cairan gula dan es. Porsi yang dihidangkan termasuk besar bagi ukuran standar. Penulis merasakan sensasi luar biasa saat itu, begitu segar dan alami maklum campuran kelapa tersebut benar-benar asli kelapa. ”usia” kelapa itu begitu pas, daging nya tidak terlalu keras namun pula tidak terlalu lunak. Pas jika digigit, kenyal dan gurih. Harga satu porsi es kelapa tersebut Rp. 6000, sebuah harga yang wajar karena yang dibuat dan dihidangkan adalah satu kelapa muda yang utuh tanpa.

Penulis pun berkesempatan membungkus untuk dihidangkan di rumah. Penulis pun diam-diam membenarkan rekomendasi teman yang menyatakan es kelapa di tempat itu sangat lezat dan nikmat untuk diburu disaat panas terik menyengat di Karawang.



--------------------------

Reportase dan Foto : Buddy Nugraha

 
Template by : uniQue template  |  Modified by : Rudi "SEMUT"