Cita Rasa Yogya di Tatar Sunda

Seringkali penulis mendapat pertanyaan mengenai tempat yang menjual makanan khas Yogyakarta (selanjutnya akan ditulis Jogja atau Jogjakarta) di Karawang ini, terutama gudeg, tempe dan tahu bacem dengan kualitas dan harga yang setara dengan kualitas dan harga di kota asalnya. Cukup sulit penulis menemukan jawaban ini, sampai akhirnya timbul hasrat untuk melakukan investigasi atas “permasalahan” ini. Diam-diam penulis pun merindukan suasana Jogja yang tercermin dari makanannya.

Setelah sekian lama melakukan penelusuran, didapatlah satu warung yang menjual khusus makanan khas kota pelajar ini, ya Gudeg Jogja dan makanan khas lainnya. Kios ini penulis temukan justru di komplek perumahan dan agak “tersembunyi” dari lingkungan pertokoan, tepatnya di Perumnas Bumi Teluk Jambe Blok U Nomor 51 Karawang.

Gudeg Jogja Bu Santoso, demikian nama kios ini. Pemiliknya adalah Bapak Ahmad Fahrudin, dan merupakan usaha turun temurun dari ibu mertuanya yaitu Ibu Santoso, sehingga kios ini dinamakan “Gudeg Jogja Bu Santoso”. Buka di Karawang sejak tahun 2005, dan merupakan cabang dari usaha mertuanya di bilangan Jakarta Timur. Sesuai dengan perkembangan usahanya, Pak Ahmad berniat melebarkan usaha nya utuk membuka kios serupa di komplek Pertokoan Galuh Mas Karawang.

Kios gudeg yang resik ini tentunya mengundang untuk paling tidak sekedar mencicipi hidangannya. Ternyata penganan disini semua bernuansa khas Jogja mulai dari gudeg, krecek, tempe dan tahu bacem serta tidak ketinggalan opor ayam. Penulis pun mencoba untuk menggugah semangat “kembali ke Jogjakarta”. Rasa dari gudeg di sini tidak semanis gudeg di daerah aslinya Jogja, mungkin sudah agak disesuaikan dengan lidah orang Karawang, tapi catatan yang paling penting adalah gudeg ini Tetap Enak. Harga yang dipasang pun terbilang murah, Anda pun dijamin pasti puas.

Tidak terasa, hanya dalam hitungan menit, penganan khas Jogja ini meluncur deras di tenggorokan, membuat penulis pun larut dalam ingatan lagu Jogjakarta milik KLA Project,
“....terhanyut aku dalam nostalgia
Saat kita sering luangkan waktu,
nikmati bersama, suasana Jogja........”
----------------------
Alamat Gudeg Bu Santoso:
JAKARTA : Jl. Curug Raya, Pondok Kelapa Jakarta Timur
Tlp. 021-927 87 881
KARAWANG: Perumnas Bumi Telukjambe (BUTEJA) U/51
Tlp. 0267-845 66 40
----------------------
Reportase dan Foto : Buddy Nugraha

 
Template by : uniQue template  |  Modified by : Rudi "SEMUT"